Rabu, 26 Mei 2010

Kesulitan Mendasar Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa asing seperti Bahasa Inggris, pada dasarnya sangat mudah jika ada keinginan untuk bisa menggunakan bahasa tersebut secara aktif atau pasif. Berpikirlah seperti anak kecil yang baru lahir ke dunia yang tidak mengenal satu kosa katapun, tetapi seiring dengan kemampuannya berbicara, saat itu pula dia telah pandai menyusun kata-kata yang dikoleksinya sejak ia mulai bisa mendengar dan berbicara.

Sebagai seorang yang mempelajari bahasa Asing, tentunya ia memiliki bahasa Ibu yang telah ia kuasai lebih dulu. Perbandingan seorang siswa yang belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa Asing, tentu sebelumnya mampu berbicara bahasa Indonesia atau bahasa daerahnya. Kenyataan ini sebenarnya menjadi media yang sangat efektif dalam pembelajaran bahasa asing, karena pada dasarnya Bahasa Asing itu juga merupakan bahasa Ibu bagi mereka menggunakannya, dan bahasa kita pakai adalah bahasa asing bagi mereka.

Bagi para tenaga pengajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris, marilah kita merubah pola pikir dalam mengajar bahasa Inggris, begitu juga bagi anak didik, hendaknya berpikir bahwa bahasa asing itu tak ubahnya seperti bahasa yang kita gunakan sekarang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar