Rabu, 26 Mei 2010

Pendahuluan

Pelajaran Bahasa Asing sebenarnya tidak perlu dianggap sebagai pelajaran yang sulit, karena bahasa yang kita pakai --dengan lancarnya-- dalam kehidupan sehari-hari inipun merupakan bahasa asing bagi mereka yang berada di luar lingkungan kita. di samping itu, saat seseorang dilahirkan, dia mempelajari simbol-simbol bahasa satu persatu, dan tidak pernah ada seorang anak yang mempelajari bahasanya dengan menghafal kosa-kata tertentu, melainkan menerima kosa-kata baru sesuai dengan keperluan.
Seperti itulah hendaknya dalam mempelajari bahasa asing, seperti Bahasa Inggris ini. Menurut saya, sebuah kesalahan besar jika belajar bahasa dengan cara menghafal kosa-kata dalam bahasa tersebut, melainkan cukup bagi seorang guru/instruktur untuk menyediakan kata-kata yang mungkin perlu diketahui oleh siswa/peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa.
Satu hal yang perlu saya kemukakan di sini, yaitu: "JANGAN MENGANGGAP PELAJARAN BAHASA ASING SEBAGAI PELAJARAN YANG RUMIT". Anggapan itu lahir oleh sistem dan budaya pembelajaran Bahasa asing yang salah. Keadaan ini perlu diperhatikan dan dipahami oleh guru bahasa asing, bahwa anggapan pelajaran Bahasa Inggris sebagai pelajaran yang sulit,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar