Rabu, 26 Mei 2010

Rumus Dasar Dalam Tata-Bahasa Inggris

Ada satu formula dasar yang saya temukan dalam Tata-Bahasa Inggris, yang tidak pernah saya temukan dari buku-buku Tata-Bahasa Inggris yang pernah saya baca. Hal ini mungkin karena dalam Pelajaran Tata-Bahasa Inggris, formula dasar ini memang tidak pernah ada.
Adapun formula tersebut adalah:
"SETIAP SETELAH SUBJEK, HARUS KATA KERJA"

Rumus dasar Tata-Bahasa Inggris yang saya kemukakan tersebut, terbukti cukup membantu saya dalam memberikan pemahaman mendasar bagi anak didik saya terhadap Pelajaran Tata-Bahasa Inggris.
Pembuktian:
Saya Guru
Saya adalah kata Benda (tepatnya pronomina/pronoun), dan Guru juga merupakan kata benda.
Dalam Tata Bahasa Indonesia, Kalimat "Saya Guru" merupakan kalimat yang benar. Tetapi apabila kalimat tersebut diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris seadanya (saya Guru= I Teacher), maka kalimat tersebut tidak benar secara Grammar. Karena rumus dasar dalam Tata-Bahasa Inggris adalah "SETIAP SETELAH SUBJEK, HARUS KATA KERJA".
Jadi, untuk menyesuaikan dengan Rumus Dasar tersebut, Setelah kata "Saya" --yang dalam hal ini berfungsi sebagai Subjek--, harus diikuti oleh Kata Kerja (Verb). Oleh karena itulah, dalam bahasa Inggris dikenal istilah Kata Kerja Bantu (Auxalary Verb).
Kata kerja bantu yang digunakan untuk pola kalimat di atas adalah "Be" (am-is-are/was-were).

  1. Saya Guru = I teacher
    Kalimat tersebut salah, karena kata Guru (Teacher) bukan Kata Kerja (Verb). Sementara kita tahu, Rumus Dasar dalam Tata Bahasa Inggris adalah "SETIAP SETELAH SUBJEK, HARUS KATA KERJA".

  2. Saya Guru = I am teacher
    Kalimat tersebut benar, karena setelah subjek diberikan Kata Kerja Bantu. Hal ini sesuai dengan Rumus Dasar dalam Tata Bahasa Inggris yang saya sebutkan di atas, yaitu "SETIAP SETELAH SUBJEK, HARUS KATA KERJA"



SILAHKAN ANDA KEMBANGKAN PADA KALIMAT-KALIMAT LAIN...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar